Saya seorang pengajar di tingkat Taman Kanak-Kanak, lebih singkatnya TK. Lazimnya usia pada TK 4-6 tahun. Usia ini merupakan usia yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka dalam berbagai hal : Psikomotorik, Sosial-Emosional, serta Kognitif dan Bahasa. Banyak hal-hal yang akan mempengaruhi tumbuh-kembang mereka termasuk lingkungan sekolah (pondasi kedua setelah rumah). Hal paling dasar yang akan mempengaruhi tumbuh-kembang mereka dalam jangka waktu yang sangat panjang, tertanam dalam diri-pikiran mereka. Saya akan membahas satu per satu, namun tidak akan terlalu rinci “bagaimana perkembangan anak usia 4-6 tahun?” menurut beberapa aspek yang saya sebutkan sebelumnya.
Pertama, perkembangan Psikomotorik anak usia 4-6 tahun. Pada tahap ini mereka mulai mencoba dan berani melakukan hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan fisiknya ; melompat, memanjat, berlari dan lainnya. Kedua, perkembangan sosial-emosional. Kemampuan sosial mereka pada usia ini sangat mempengaruhi kestabilan emosional mereka. Cara mereka berteman dan bermain dengan teman sebaya-nya, menjadi wadah baru bagi mereka untuk merasakan berbagai bentuk emosi lain : marah, kesal, sedih, senang, bahagia. Ketiga, perkembangan kognitif dan bahasa. Pada usia ini, kemampuan kognitif dan kosakata anak sangat meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari anak-anak yang akan sangat sering bertanya banyak hal “ikannya lagi ngapain?”, “pohonnya kenapa?”, “nama ayam-nya siapa?”. Respon spontan dari kita (guru atau orang dewasa lainnya) akan menjadi acuan berpikir mereka dalam jangka waktu yang panjang.
Hal-hal yang saya bicarakan diatas merupakan pemahaman baru bagi saya sendiri. Ketidak-inginan saya sebelumnya berubah menjadi rasa ingin tau banyak hal tentang mereka. “Bagaimana cara membantu mengelola emosi mereka? Bagaimana cara memilah kata sederhana agar mudah dipahami mereka? bagaimana saya memberi pengalaman belajar yang menyenangkan?” dan masih banyak bagaimana-bagaimana lainnya untuk saya berikan kepada mereka.
“Golden Age” adalah dua kata yang tepat untuk menggambarkan mereka, dimana pada usia ini segala informasi mengenai kosakata, perilaku baik-buruk disekitar akan diserap seluruhnya dan akan menjadi dasar terbentuknya karakter, kepribadian, serta kemampuan kognitif mereka. Saya sebagai seorang pengajar baru tanpa pengalaman benar-benar diberi tantangan yang luar biasa. Saya diberi kepercayaan lebih untuk menjadi dasar terbentuknya kepribadian mereka.