SAIL Curriculum
SAIL merupakan sekolah melayani mulai dari jenjang preschool (5 yo) sampai dengan jenjang 3 SMP, merupakan sekolah formal dengan akreditasi A, menyediakan jasa pendidikan yang berbasiskan Islamic Leadership Value and competence serta indikator RAHIN, berupa :
- Value Shiddiq yang berimplementasikan pada kompetensi Akhlaq bermuatan iman.
Memiliki indikator Religious, dimana mengaplikasi The core of tauhid dalam segala lini kegiatan pembelajaran.
Diperkuat dengan indikator Awesome, dimana dalam melaksanakan pembelajaran di lakukan dengan maksimal, Smart Goal. - Value Amanah yang berimplementasikan pada kompetensi Leadership bermuatan adab.
Memiliki indikator Humanity dimana lingkungan di hadirkan agar memiliki muatan sinergi dengan semangat kerjasama yang mengedepankan adab, azas tabayyun serta kepercayaan untuk terwujudnya proses pembelajaran yang sesuai dengan visi dan misi SAIL. - Value Fathonah yang berimplementasikan pada kompetensi Logika bermuatan ilmu.
Memiliki indikator Individual, dimana mental pembelajar mandiri di fasilitasi dengan berbagai kegiatan harian, bulanan dan tahunan, memahami seni peran baik sebagai guru, orangtua serta siswa, hingga karakter achievement oriented bisa tertempah dengan baik. - Value Tabligh yang berimplementasikan pada kompetensi Financial bermuatan amal.
Memiliki indikator Next Step, dimana sebagai muslim memahami perannya akan berakhir ketika maut menjemput, Memaksimalkan peran dengan menginspirasi serta terus mengembangkan diri menjadi bagian tak terpisahkan dalam kegiatan belajar mengajar di SAIL, menjadikan Prestasi hanya sebagai tolak ukur bukan tujuan utama juga menghargai proses dirinya hingga menempah Self easteemnya dengan baik.
SAIL mendapatkan Akreditasi ‘A’ dari Badan Akreditasi Nasional/BAN. Sekolah ini menggunakan Kurikulum Nasional Indonesia 2013 yang berlangsung selama 6 tahun (kelas 1- 6 SD) 3 tahun (kelas 7 – 9 SMP) dimana siswa akan penempahan minat dan bakat sejak kelas 5SD. Sekolah juga menawarkan bahasa arab dan bahasa inggris dalam muatan lokalnya.
Kurikulum menekankan pada empat aspek kunci dalam evaluasi hasil belajar siswa: Akhlaq (spiritual), Leadership (social), Logika (pengetahuan) dan Financial (keterampilan). Ada total Kelas I = 41 JP , Kelas II = 43 JP , Kelas III= 48 JP, Kelas IV = 48 JP, Kelas V = 50 JP, Kelas VI = 50 JP jam pembelajaran per minggu untuk jenjang Sekolah Dasar, di mana setiap jam pembelajaran berlangsung selama 35 menit. Serta total 54 JP jam pembelajaran per minggu untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama, di mana setiap jam pembelajaran berlangsung selama 45 menit.
Program akademik diselenggarakan pada tiga kelompok mata pelajaran:
- Mata Pelajaran Umum
(Type A : )
- Islamika
- B.Indonesia
- B.Inggris (SMP)
- Matematika
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Ilmu Pengetahuan Sosial
2. Mata Pelajaran Umum (Type B)
- Penjas
- Home Economic
3. Muatan Lokal
- Bahasa Inggris (SD)
- Bahasa Arab
4. Kekhususan
- Al Qur’an Bersanad
- Saince and Robotic
- Leadership Programe
Grading and ranking
Grading System:
Minimum
Passing Grade |
Grade Range | Grade | Note |
80 | < 80 | D | Incomplete |
80 – 85 | C | Complete (Fair) | |
85 – 90 | B | Complete (Good) | |
91 – 100 | A | Complete (Very Good) |
External examinations
- Ujian Tengah Semester Ganjil dan Genap
- Ujian Akhir Semester Ganjil dan Genap
- Ujian Praktik (Kelas VI dan IX)
- Ujian Akhir Sekolah (VI dan IX)
Other Advanced programs (AP)
Jenis program pengkayaan kita
- Sanad Huffaz
- Academic Enrichment
- Science and robotik